ROAD TO OPREC 2018

#RoadToOprec2018

Hai SobatEH! Tak terasa 2017 sudah memasuki bulan November di minggu terakhir. Bagi Earth Hour Malang antara bulan November dan Desember merupakan bulan dimana kita mencari SobatEH yang ingin bergabung menjadi volunteer Earth Hour Malang. Selama setahun kemarin, sudah banyak aksi yang Earth Hour Malang lakukan. Mulai dari aksi rutin kami, rangkaian aksi menuju Switch Off #NgalamPetengan2017, dan beberapa aksi kondisional. Dengan aksi-aksi yang kami lakukan selama setahun kemarin diharapkan dapat memberikan dampak yang baik bagi lingkungan dan dapat memberiktn inspirasi gaya hidup hijau untuk SobatEH. Sudah banyak yang bertanya “kapan ya Oprec Earth Hour Malang?” Open recruitment akan dibuka sebentar lagi tepatnya tanggal 2 Desember 2017. So, sambil menunggu open recruitment dari Earth Hour Malang, dibaca dulu yuk mengenai Earth Hour Malang itu sendiri. 






Apa tujuan dari Earth Hour?
Earth Hour bertujuan untuk mendorong individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan yang saling berhubungan untuk menjadi bagian dari perubahan untuk dunia yang berkelanjutan. Dimulai dengan langkah awal semudah mematikan lampu dan alat elektronik yang tidak terpakai sebagai komitmen hemat energi untuk Bumi, dan juga merupakan momentum menampilkan kepada dunia tentang perilaku hemat energi yang sudah dilakukan.

Apa arti logo Earth Hour?
Logo Earth Hour ’60+’ menunjukkan 60 menit mematikan lampu di Earth Hour sebagai awal aksi gaya hidup hemat energi. Tanda ‘+’ menunjukkan komitmen untuk bersama-sama mulai melakukan gaya hidup hemat energi, yang kegiatan ini tidak hanya dilakukan selama 60 menit saja, tapi juga diikuti dengan perubahan gaya hidup setiap hari.

Kenapa lampu dan alat elektronik?
Kita bisa dengan mudah menyalakan atau mematikan lampu dan alat elektronik dengan satu jari. Kampanye ini sengaja dibuat agar tiap individu dari berbagai usia dan status sosial ekonomi bisa berpartisipasi.

Bagaimana Earth Hour bisa masuk ke Indonesia dan berkembang?
Secara singkat Earth Hour dimulai sejak tahun 2007, WWF merupakan salah satu inisiator Earth Hour di Sydney yang kemudian pada tahun-tahun berikutnya turut serta dalam kampanye Earth Hour dengan menyebarkan kampanye ini di lebih dari 70 negara jaringan WWF di seluruh dunia. Earth Hour masuk di Indonesia pada tahun 2009 dan berkembang ke seluruh Indonesia. Earth Hour terdapat di lebih dari 7000 kota di 162 negara termasuk 33 kota yang terdapat di Indonesia.

Apa itu Earth Hour Malang?
Earth Hour Malang sendiri merupakan gerakan Earth Hour yang terdapat di Kota Malang. Salah satu komunitas gaya hidup hijau dan membahas isu-isu lingkungan yang terjadi di sekitar Kota Malang. Earth Hour Malang rutin melakukan kampanye ataupun aksi agar dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan Kota Malang. Kampanye Earth Hour Malang juga turut menjalin hubungan dengan pemerintahan, swasta, komunitas, dan juga masyarakat. Bersifat volunteer-ing atau per-volunteer-an (sukarelawan), menjadikan Earth Hour Malang sebagai bentuk rasa kekeluargaan dan kebersamaan dengan didukung rasa “memiliki” baik untuk Earth Hour Malang sendiri dan juga untuk sesama.
Sejarah singkat Earth Hour Malang digagas oleh Komunitas Fiksimini yang terdiri dari Ongga, Edieth dan Pandu serta Coachsurfing yang terdiri dari Agung, Risty dan Martha pada tahun 2012. Pembentukan divisi yang ada yaitu Koordinator Kota dipimpin Julius Agung Safrianto, Divisi Mass Media & Korporasi, Multimedia, Online Campaign, dan Fund Raising.
Saat ini Earth Hour Malang terdiri dari beberapa divisi yaitu divisi Creative Campaign, Online Campaign, Multimedia, Fund Raising, dan Public Relations. Setiap divisi memiliki tujuan dan fungsi dengan deskripsinya sebagai berikut:

DIVISI MULTIMEDIA

        Divisi Multimedia adalah divisi yang bertanggung jawab dalam  mempersiapkan segala media promosi  untuk setiap kegiatan aksi yang akan diadakan oleh Earth Hour Malang. dalam menjalankan tugasnya, Divisi Multimedia bekerja sama dengan divisi lain untuk mempersiapkan konten dari kegiatan yang akan dipublikasikan. Divisi Multimedia berperan dalam pembuatan desain grafis yang melahirkan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan atau desain seperti video dan poster untuk menciptakan sebuah rancangan desain promosi yang efektif dan komunikatif.  Divisi Multimedia juga bertugas mendokumentasi segala bentuk multimedia (gambar, video, dll) dari setiap kegiatan aksi yang berlangsung, dan menyimpan semua dokumentasi. Beberapa cuplikan dari video yang dibuat bahkan telah masuk kedalam kompilasi dokumentasi Earth Hour Global.

DIVISI FUND RAISING

       
Divisi Fund Raising merupakan sumber dana utama dan berperan penting dalam menunjang kebutuhan finansial di setiap aksi Earth Hour Malang. Divisi Fund Raising bergerak dengan cara yang kreatif dan inovatif menggalang dana secara mandiri. Selain bertugas mencari dana mandiri, divisi ini juga melakukan penjualan barang secara kreatif. Di divisi ini tentunya akan membutuhkan ide-ide yang cemerlang dan kreatif dalam menggalang dana demi kelangsungan Earth Hour Malang. Tidak hanya menjual barang-barang seperti merchandise (kaos, goodiebag, dan tumbler), Fund Raising juga memanfaatkan barang-barang bekas, menjadi barang yang bernilai dan menghasilkan uang seperti menjual notebook dari bahan bekas, dan juga mengadakan garage sale(baju bekas dan layak jual) yang dijual melalui instagram official Fund Raising dan di lokasi yang sudah di tentukan.

Selain itu, divisi ini juga mengajak setiap volunter EHM mampu memilah sampah dengan baik dan bijak yang nantinya akan diserahkan kepada Divisi ini  setiap bulannya untuk dijual kepada Bank Sampah Malang. Tentunya, dengan cara yang hijau yang dilakukan divisi ini tidak hanya untuk menambah kebutuhan finansial saja, namun juga memberikan pengaruh kepada setiap volunter ataupun masyarakat secara luas agar lebih jeli dan bijak dalam memanfaatkan barang bekas.


DIVISI ONLINE CAMPAIGN

  Divisi Online Campaign adalah divisi yang bertugas untuk mempublikasikan dan mengampanyekan segala kegiatan yang ada di Earth Hour Malang melalui sosial media. Tujuannya ialah untuk menyebarkan informasi dan mengajak masyarakat, khususnya yang berada di Malang, untuk mengikuti aksi-aksi yang diadakan oleh Earth Hour Malang. Penyebaran informasi mengenai aksi-aksi yang dilakukan oleh earth hour malang ini diharapkan mampu memberikan dampak pada masyarakat untuk mulai menjalankan gaya hidup hemat energi. Penggunaan media online juga sebagai bentuk pemanfaatan teknologi karena di era digital ini masyarakat cenderung menggunakan media online sebagai sarana untuk memperoleh informasi. Terdapat lima sosial media yang dimiliki oleh Earth Hour Malang yaitu Blog, Instagram, Line Official, Twitter, dan Youtube.

DIVISI CREATIVE CAMPAIGN

    Divisi Creative Campaign (CC) adalah salah satu divisi vital dari Earth Hour Malang. Divisi ini bertugas untuk mengonsep dan mengatur semua aksi kreatif yang dilaksanakan Earth Hour Malang sehingga dapat berjalan lancar dari awal sampai aksi selesai. Divisi Creative Campaign memiliki aksi rutin yang dilaksanakan tiap tahunya, yaitu KUMBANG (Kumpul dan Belajar Bareng) dan SC (School Campaign) yang dilaksanakan dari jenjang mulai SD sampai SMA/SMK. Selain aksi rutin, divisi Creative Campaign juga mengonsep aksi – aksi kondisional seperti Cafe Night Campaign, City Park Campaign, dan aksi pada hari perayaan tertentu. Adanya aksi – aksi tersebut diharapkan mampu mengajak seluruh lapisan masyarakat, khususnya di daerah Malang, turut berpartisipasi dan peduli terhadap perubahan iklim yang terjadi saat ini dan mau menjadi bagian dari pergerakan masyarakat dunia dalam penyelamatan bumi dimasa depan, khususnya lingkungan.

DIVISI PUBLIC RELATION

Public Relation atau yang biasa disebut sebagai PR merupakan salah satu divisi di Earth Hour Malang yang secara garis besar bertugas menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan pihak eksternal seperti komunitas, media, pihak pemerintahan, sponsor, duta dan pihak-pihak lain yang memungkinkan. Terjalinnya hubungan tersebut bertujuan supaya Earth Hour Malang dapat dikenal secara luas dan melancarkan aksi-aksi maupun kolaboraksi yang akan dilaksanakan kedepannya.
Dalam sistem kerjanya, divisi ini dibagi menjadi empat subdivisi, yaitu:
1. Pemerintah dan komunitas
Bertugas, antara lain untuk mengurus perijinan untuk aksi-aksi EHM yang dilaksanakan di tempat ramai, membangun relasi dan berkoordinasi dengan komunitas-komunitas di Malang terutama saat kolaboraksi.
2. Hotel dan cafe
Tujuan utama terjalinnya hubungan ini adalah untuk melancarkan aksi Switch Off dengan mengajak beberapa hotel dan cafe bekerjasama untuk berpartisipasi dalam aksi tersebut ataupun dalam bentuk dukungan lainnya.
3. Media dan sponsor
Subdivisi ini bertugas menjalin kerjasama dengan media dan pihak sponsor. Karena gaya hidup hijau terutama aksi Switch Off membutuhkan sebanyak-banyaknya partisipan, berbagai macam media sangat dibutuhkan untuk souding yang mengena di masyarakat. Subdivisi ini juga bertugas berhubungan dengan beberapa pihak sponsor untuk mendukung aksi-aksi EHM dalam berbagai macam bentuk.
4. Guest star dan duta
Bertugas untuk berhubungan baik dengan duta-duta EHM nantinya. Duta EHM bersama dengan EHM, akan mengkampanyekan gaya hidup hijau dengan memanfaatkan influence mereka dalam bidangnya masing-masing. Sedangkan untuk aksi utama kami yaitu Switch Off, nantinya akan ada beberapa guest star dan pengisi acara yang akan meramaikan aksi EHM salah satunya Switch Off, dan adalah salah satu tugas divisi ini juga untuk menjadi LO selama aksi tersebut.


Apa yang dimaksud “Ini Aksiku”?
   “Ini Aksiku! Mana Aksimu?”, tema yang tujuannya adalah untuk meningkatkan partisipasi khalayak luas untuk melakukan aksi yang positif untuk lingkungan.“Ini Aksiku! Mana Aksimu?” difokuskan pada aksi ramah lingkungan seperti: hemat energi (menggunakan listrik seperlunya saat di rumah dan tempat kerja), transportasi publik (beralih atau lebih sering menggunakan transportasi publik untuk mengurangi beban kendaraan pribadi), mengurangi sampah plastik (membawa tas belanja pakai ulang, membawa botol minum sendiri) dan mengurangi pemakaian kertas dan kertas tissue (pertimbangkan sebelum mencetak, daur ulang kertas, membawa sapu tangan pengganti kertas tissue).

Apa saja Aksi yang dilakukan Earth Hour Malang?   
   Kampanye ataupun aksi Earth Hour Malang dibedakan menjadi aksi kondisional, aksi tahunan dan aksi rutin. Aksi kondisional meliputi, Cafe Night Campaign, City Park Campaign, aksi memperingati hari lingkungan dan masih banyak lagi aksi yang dilakukan.

    Sedangkan aksi tahunan adalah Switch Off yang juga dilakukan di seluruh belahan dunia. Dengan tema “Shine A Light On Climate Action”, EHM mengajak masyarakat Kota Malang untuk menunjukkan kontribusi dalam penghematan energi. Switch Off yang berlangsung selama satu jam, dari pukul 20.30 hingga 21.30 mengajak masyarakat untuk ikut mematikan energi listrik yang tidak terpakai selama satu jam dan juga mengharapkan agar masyarakat bisa menerapkan lebih dari 60 menit dan menjadikan hal tersebut sebagai aksi kecil yang berdampak besar untuk menyelamatkan bumi. 


Selain itu, terdapat aksi rutin yang dilakukan oleh EHM, antara lain:
1.    School Campaign (SC)
      Aksi rutin yang dilakukan oleh EHM adalah School Campaign, dimana aksi ini melibatkan sekolah sebagai pihak sasaran. Dengan melibatkan sekolah yang merupakan Lembaga Pendidikan tentunya akan mampu memberikan pengaruh terhadap siswa-siswi untuk mengerti bagaimana penerapan gaya hidup hijau. School Campaign ini berkonsep pada pengenalan gaya hidup yang peduli lingkungan, seperti penghematan energi dan bijak sampah plastik. Selain itu, aksi tidak hanya menerapkan konsep dalam pemberian materi, namun juga mengajak siswa-siswi dalam proses pembuatan tanaman hidroponik atau tanaman yang hidup dengan media air, ataupun pembuatan tempat sampah dari bahan bekas. Dengan diadakannya aksi School Campaign tidak semata siswa-siswi mengerti tentang konsep saja, namun juga diharapkan mampu berAksi sedikit untuk penerapan gaya hidup hijau.


2.  Kumpul Bareng Belajar (KUMBANG)
     “From Zero to Hero”, moto inilah yang pantas menggambarkan aksi KUMBANG. Dimana Volunter EHM berkunjung secara langsung seperti di TPSA untuk mengetahui bagaimana pemilahan sampah dengan baik. Dalam aksi ini, para Volunter EHM bersama pihak yang bersangkutan, seperti Dinas Keamanan dan Pertamanan, Pemulung, dll berdiskusi menghasilkan sesuatu dengan bijak. Selain itu, tempat yang dikunjungi EHM untuk melakukan KUMBANG adalah Kampung Glintung Go Green (3G). Di kampung 3G ini, EHM banyak belajar bagaiman menyatukan kultur budaya dalam pelestarian lingkungan.


3.    Sambang Baby Tree (SANTRI)
   Dalam aksi SANTRI berkonsep pada penanaman bibit pohon dan juga mengunjungi pohon yang telah ditanam. Jadi, untuk menerapkan aksi yang hijau, EHM berkontribusi dalam penanaman pohon yang tentunya bermanfaat bagi kelangsungan hidup dan perbaikan polusi udara di Kota Malang. 


   Nah begitulah sekilas penjelasan tentang Earth Hour secara umum dan Earth Hour Malang. Buat kalian yang ingin mengisi waktu dan ingin menerapkan aksi-aksi positif dengan cara berkontribusi dan peduli terhadap lingkungan, bisa banget buat ikut dalam open recruitment volunteer Earth Hour Malang 2018. Semoga informasi sederhana ini dapat menambah wawasan kamu yang akan mendaftar menjadi Volunteer Earth Hour Malang. Menjadi volunteer bukan hanya sekedar menjadi volunteer, melalui panggilan hati kamu berdedikasi untuk menjadi pahlawan bagi lingkungan di sekitar kamu. Sekian postingan kali ini dan tunggu postingan blog kami selanjutnya SobatEH !


Catatan: Buat kalian yang masih penasaran tentang aksi-aksi kami kalian dapat mengklik link berikut https://www.instagram.com/explore/tags/roadtooprec2018/. Para volunteer akan sedikit bercerita tentang aksi yang sudah pernah dilakukan bersama EHM
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment