PLASTIK TAK ASIK!


Hentakan kaki disambut teriakan penuh semangat menghiasi keramaian di Car Free Day Ijen, Malang. Tidak peduli, ditengah keramaian tempat yang bebas polusi di hari Minggu ini, Earth Hour Malang dengan bersemangat berjalan beriringan sambil berteriak, “PLASTIK TAK ASIK, PLASTIK TAK ASIK, PLASTIK TAK ASIK”. Benar SobatEH, kali ini di hari Minggu, 12 Maret 2017, Earth Hour Malang melakukan Aksi Street Campaign dimana aksi ini dibuat untuk mengkampanyekan pengurangan sampah plastik dan diet kantong plastik. Earth Hour Malang tidak bertindak sendiri dalam aksi kali ini, melainkan juga menggandeng komunitas lain, seperti Sobat Bumi dan Turun Tangan Malang. Nah, SobatEH berpikiran kenapa kali ini Earth Hour Malang mengadakan Aksi Street Campaign?

Hal yang mendasari dilakukan Aksi Street Campaign antara lain melihat kondisi plastik dewasa ini sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan bagi kehidupan manusia. Plastik telah menjadi salah satu komoditas yang paling banyak digunakan didunia. Plastik hampir selalu ada pada semua hal yang kita lakukan, mulai dari pakaian, makanan, dan teknologi. Pasalnya hampir semua kemasan dan tas terbuat dari plastik hingga botol minuman sekalipun. Apabila hal ini terus berlangsung secara lama, maka akan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup manusia. Masalah utama yang berhubungan dengan plastik yaitu ketika kita membuangnya. olastik ini membutuhkan waktu yang sangat lama yakni sekitar 5 hingga 6 dekade untuk dapat terurai, bahkan bisa mencapai satu juta tahun. Terlebih lagi melihat kondisi Indonesia saat ini menjadi penyumbang sampah plastik terbesar ke-dua di dunia (CNN.com). Tentunya hal tersebut, membuat banyak pihak yang tergerak hatinya untuk melakukan perubahan dan pengurangan, salah satunya yang dilakukan oleh EHM.




Pada pukul 07.00 wib kami melakukan Long March atau berjalan dimulai dari Taman Slamet hingga menuju lokasi Car Free Day Ijen hingga pukul 07.45 wib. Dengan meneriakan “Plastik Tak Asik, disertai dengan mengkampanyekan Switch Off #NgalamPetengan2017”. Dengan melakukan Longmarch diharapkan masyarakat memiliki kesadaran untuk mengurangi penggunaan plastik. Setelah itu, Earth Hour Malang beserta Sobat Bumi dan Turun Tangan Malang membagi kelompok menjadi 5 dan melakukan sharing informasi ke pengunjung CFD tentang bahaya kantong plastik dan kondisi lingkungan yang darurat sampah. Selain itu, kami menyarakan pengujung untuk menggunakan reusable bag mengganti penggunaan kantong plastik. Dalam melakukan sharing di 5 tempat yang berbeda di area CFD, kami menghimbau pengunjung dan memberikan reusable bag dari kaos bekas. Dari aksi penukaran ini, pengunjung CFD antusias dan memahami bahaya plastik.



Setelah menukaran sekitar 30 reusable bag kepada pengunjung, dilanjutkan dengan menuju titik point Aksi Street Campaign di Taman Slamet. Disana, pengunjung yang sedang bersantai di sekitar Taman diajak untuk bermain games bersama. Setelah mengumpulkan 10 orang, dibagi menjadi 5 kelompok dan kemudian games pertama dimulai, yaitu pembuatan 4 reusable bag. Setiap kelompok pun berkerjasama membuat tas dari bahan kaos bekas sedemikan menarik dan kreatif. Disela-sela games, Volunteer Earth Hour Malang pun menjelaskan bagaimana tutorial tas dari kaos bekas dan menghimbau untuk mengurangi penggunaan plastik. Mereka pun sangat antusias dan tertarik dalam pembuatan reusable bag hal ini didukun dari pernyataan pengunjung, yaitu Nova bahwa games kali ini sangat seru dan edukatif. Selain itu, Ragel, salah satu anggota dari Sobat Bumi mengatakan bahwa, “Ya, ini pertama kali Sobat Bumi diajak untuk Aksi Street Campaign Earth Hour Malang, seru sekali, dimana kita bisa bersama belajar dan sharing tentang bagaimana kondisi bumi kita saat ini.”

SobatEH, sudah tahu kan bagaimana bahaya plastik dan bagaimana cara kita mensiasatinya? Ayo, tunjukkan aksi kecilmu SobatEH, seperti membawa tote bag saat berbelanja atau menggunakan reusable bag. Karena apa yang kita lakukan sekarang tentu akan berpengaruh di masa yang akan datang. Tidak perlu menunggu nanti untuk memulai, lakukan semampu dan dengan kesadaran diri sendiri SobatEH, untuk lingkungan yang lebih baik. Sampai jumpa di #NgalamPetengan2017 SobatEH!



       
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment