Kampanye Food Waste dan Beli Yang Baik Melalui #CafeNightCampaign

Untuk memberikan dampak baik bagi lingkungan, tentunya harus memiliki pengetahuan dan kesadaran dari dalam diri sendiri untuk melakukan aksi kecil. Salah satunya, aksi kecil sangat berpengaruh terlebih lagi yang dilakukan oleh generasi muda, karena dengan diawali dari generasi muda mampu meningkatkan kepedulian akan lingkungan lebih lanjut. Food Waste dan Beli Yang Baik misalnya, untuk mengkampanyekan hal tersebut, Earth Hour Malang melakukan Aksi Café Night Campaign. Dilaksanakan pada 18 Februari 2017, Aksi Café Night Campaign dilakukan di 5 tempat Cafe di Kota Malang. Sobat EH penasaran dengan aksi ini? Kita bahas bersama tentang aksi Café Night Campaign. Jangan lupa simak ulasannya ya SobatEH:

Apa itu Café Night Campaign?
Cafe Night Campaign merupakan sebuah aksi rutin yang dilakukan oleh Earth Hour Malang dengan tujuan memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas khususnya di Malang, yang sasaran pada umumnya adalah anak muda. Tentunya ada korelasi antara aksi ini dengan target EHM, yakni anak muda. Tujuannya adalah agar generasi muda mampu melakukan aksi kecil yang nantinya akan membawa dampak yang besar bagi sekitar.


Selain itu, dalam aksi kali ini EHM tidak sendirian, namun kami menggandeng Duta Earth Hour Malang 2017, yaitu Yuwono Oktavialdi (Brand Ambassador Foody ID) dan Ade Auliya Rahma (Runner Up II Putri Indonesia Jatim 2016). Dalam Café Night Campaign kali ini, tema yang kami angkat yaitu “Food Waste” dan “Beli yang Baik”.

Mengapa “Food Waste” dan “Beli Yang Baik”?


Food waste atau limbah makanan berasal dari makanan yang busuk maupun sisa makanan yang tidak habis. Di Indonesia terdapat limbah makan sebanyak 80.235 ton per harinya, dan sebagian dari kita tidak menyadari berapa banyak makanan yang sudah kita buang setiap harinya. Food waste juga memberi kontribusi yang besar pada perubahan iklim (global warming). Setelah berada di tempat pembuangan sampah, sisa makanan tadi akan bereaksi menghasilkan gas metan. Kemudian sisa makanan yang membusuk akan menghasilkan bau yang tidak sedap yang akan berdampak terhadap lingkungan dan kesehatan kita.


Topik kedua yaitu “Beli yang Baik”. Diperkirakan populasi penduduk dunia mencapai 9,3 miliar pada tahun 2050, dapat dibayangkan bagaimana dampak laju pertumbuhan konsumsi terhadap ekologi dan keanekaragaman hayati. Tema “Beli yang Baik” ini bertujuan untuk mendorong kita sebagai konsumen untuk mengonsumsi produk yang sudah memiliki eco label. Secara tidak langsung hal ini mendorong kalangan bisnis atau produsen untuk lebih bertanggung jawab terhadap apa yang mereka produksi.

Bagaimana proses untuk meng-kampanyekan “Food Waste” dan “Beli Yang Baik”?


Pertama, kami melakukan kampanye table to table untuk memaparkan kepada pengunjung cafe mengapa kita tidak boleh “foodwaste” dan produk apa saja yang dapat kita konsumsi tanpa merusak lingkungan.


Selain itu, pada kesempatan ini kami juga mengedukasi pengunjung tentang eco label dengan memberikan games seru yaitu “match or no” dengan hadiah berupa merchandise Earth Hour Malang dan MNC Play. Kemudian kami mengajak konsumen untuk tidak membuang makanan melalui game #NoFoodWasteChallenge, yaitu dengan cara mengupload foto before dan after makanan yang mereka pesan dengan hadiah voucher.


Cafe mana saja yang turut berpartisipasi dalam Aksi Café Night Campaign?


Café Night Campaign ini merupakan kolaborAksi bersama Kejo Malang, YOT Malang, dan Malang Foodies serta didukung oleh MNC Play. Kali ini ada 5 Cafe di Malang yang ikut berpartisipasi dalam aksi kali ini, yaitu Coffee Toffee yang merupakan main cafe dari aksi, karena disini kami mengadakan Talkshow bersama Duta Earth Hour Malang 2017 dan Koordinator Kota Earth Hour Malang 2017 tentang food waste dan beli yang baik. Pada acara inti di Coffee Toffee diisi dengan hiburan yaitu penampilan dari Depapepe Malang dan IFGC (Indonesian Fingerstyle Guitar Community). Selain itu, ada Coffee Taste, Racel Risol, OTW Foodstreet dan Pak Cik Abin yang menjadi sasaran Aksi Café Night Campaign.





Nah, sudah tahu kan SobatEH bagaimana keseruan aksi Café Night Campaign yang kami lakukan? Para pengunjung di café-café tersebut sudah mulai mengerti dan peduli terhadap keadaan di lingkungan kita dengan tidak membuang makanan dan mulai melakukan “Beli yang Baik”. Yuk SobatEH jangan mau kalah, dan jangan menunggu untuk berubah menjadi lebih baik demi kelestarian lingkungan kita. Karena cinta lingkungan dapat dimulai dari diri kita sendiri, tidak dapat disuruh-disuruh, apa lagi dipaksa-paksa. Semuanya dapat kita mulai dari hal-hal kecil seperti menghabiskan makanan dan membeli produk yang sudah memiliki eco label. Kalau bukan sekarang, kapan lagi? Kalau bukan kita, siapa lagi?


SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Min kalau mau gabung di komunitas ini gimana sih caranya? Terus untuk kaos bisa pesan di mana, ya?

    ReplyDelete