KUMBANG #1 & #2: RANGKAIAN PENYAMBUTAN VOLUNTEER BARU 2017

Semua Volunter Earth Hour 2017 berfoto bersama di Kumbang #1

Setelah ditutupnya Open Recruitmen
t Volunteer Earth Hour Malang 2017 dan sekarang telah berakhir juga rangkaian penyambutan dan pengakraban semua Volunteer pada Aksi Kumpul Belajar Bareng “Kumbang”. Pada setiap Kumbang semua Volunteer diajak lebih tahu soal Earth Hour maupun Earth Hour Malang dan diajak saling berbaur dan mengerti sesama demi menumbuhkan sense of belonging dan terciptanya rasa kekeluargaan dalam keberagaman.

Kumpul Belajar Bareng telah dilakukan dua kali, yaitu KUMBANG #1 pada 11 Desember 2016 di Aula Majapahit Balaikota Malang dan KUMBANG #2 pada 18 Desember 2016 di Lapangan Rampal. Setiap Kumbang memiliki tujuan dan makna yang berbeda agar setiap Volunteer mendapat pesan dan kesannya sendiri.


Inilah bagaimana keseruan rangkaian penyambutan dan pengakraban dalam Kumpul Belajar Bareng #1 dan #2:

Ada apa aja di Kumbang #1, ya?

Kumbang #1 ini bertajuk first impression bagi semua Volunteer karena ini adalah wadah pertama untuk mengenal lebih jauh apa saja yang ada di Earth Hour Malang, baik teman baru maupun ilmu baru.

Volunteer baru melakukan registrasi

Awalnya, Volunteer yang mulai datang membawa botol plastik atau kertas bekas mengisi daftar hadir sesuai divisinya dan kemudian masuk ruangan. Di dalam ruangan telah disiapkan pemutaran video sambil menunggu kegiatan berikutnya dimulai, ada video EH Global, EH Indo, EH Jatim, EH Malang, duta-duta EH, dan beberapa iklan layanan masyarakat.

Sesi pembuka kumbang #1 oleh Onil dan Arif

Setelah itu kegiatan berikutnya dibuka oleh MC Onil Laseta Islamic dan Arif Wicaksono lalu dilanjut dengan penampilan akustik milik EHM. Ini adalah sesi pembuka dari Kumbang #1.

Penjelasan seputar Earth Hour Oleh Koordinator Kota Malang

Sesi-sesi berikutnya merupakan bagian inti dari kegiatan ini, yaitu presenting and sharing seputar Earth Hour Malang, seperti apa itu gerakan Earth Hour, kenapa logonya 60+, kenapa #IniAksiku, dan bagaimana tentang komunitas Earth Hour Malang itu sendiri yang disampaikan oleh Koordinator Kota tahun ini.

Kemudian dilanjut dengan presenting and sharing tentang gambaran fungsi tiap divisi dan uraian tugas kerjanya masing-masing; Creative Campaign, Fundraising, Public Relations, Multimedia, dan Online Campaign yang disampaikan oleh koordinator dan wakil koordinator masing-masing. Setelahnya terdapat sesi tanya-jawab sebagai bentuk diskusi.

Setiap Divisi melakukan FGD

Kegiatan berikutnya dilanjut dengan
Focus Group Discussion dengan divisi masing-masing agar lebih mudah perkenalan antar teman baru di divisinya, pemahaman fungsi dan uraian tugas kerja divisinya, sambil berdikusi dan berbincang santai.

Focus Group Discussion ditutup yang dengan tiba-tiba lagu Avicii, The Nights diputar dan seseorang melakukan gerak tari di tengah keramaian lalu kemudian yang lainnya mengikuti dan terjadilah Flashmob.

Persiapan foto bersama sebagai penutup Kumbang #1

Kumbang #1 ditutup dengan sesi foto bersama dan salam berpamitan yang nantinya berjumpa lagi di Kumbang #2.

Kalo di Kumbang #2, seperti apa?

Kumbang #2 kali ini bertemakan fun gathering, bentuk pengakraban antar volunteer agar mengenal lebih dekat lagi. Dengan didesain Kumpul Belajar Bareng yang menarik, unik, dan tidak membosankan, kegiatan ini dapat menambah “rasa memiliki” dan kekeluargaan yang lebih kuat lagi.

Kegiatan ini diawali dengan membentuk lingkaran besar kemudian mendengarkan sambutan dari Koordinator Kota dan Ketua Pelaksana Kumbang #2. Sambutan yang diberikan diselingi dengan penjelasan tentang hubungan antara Earth Hour dengan perubahan iklim.

Kemudian setiap Volunteer memperkenalkan dirinya yaitu dengan menyebutkan nama, divisi, dan asal. Setelah perkenalan semua, dilanjutkan dengan ice breaking yang bertujuan untuk mencairkan suasana. Ice breaking dilakukan dengan bermain games menyebutkan angka kelipatan tiga dan yang salah akan diberi tantangan menyebutkan sepuluh orang temannya.

Setiap kelompok berlatih yel-yel dan berdiskusi

Kegiatan berikutnya semua Volunteer dibagi menjadi tujuh kelompok dengan nama-nama binatang; Harimau, Gajah, Badak, Penyu, Kangguru, Singa, dan Beruang. Setiap kelompok diberi persiapan menyiapkan yel-yel kelompok sambil menebak clue-clue di setiap pos yang telah diberikan.

Setiap kelompok melakukan game di setiap pos

Permainan pun dimulai, setiap kelompok menuju pos yang cluenya telah terpecahkan. Setiap pos memberikan tantangan game yang berbeda. Ada tebak gaya dan gombalan, permainan buta dan tuli, bernyanyi lagu anak dengan gaya khas penyanyi lain seperti Cherybelle, permainan pindah bola dengan rafia, berpuisi 2 kata per orang, permainan puzzle, dan permainan pindah sarung. Setiap perpindahan pos diberi tantangan jalan yang berbeda, seperti jalan jongkok dan jalan pocong. Di pos tertentu mendapatkan huruf yang nantinya bisa menjadi satu kesatuan dan mempunyai arti. Game pos to pos berakhir dan dibuat lingkaran besar kembali seperti semula.

Penjelasan mengenai beberapa materi dari program WWF

Sambil menunggu penentuan pemenang, huruf-huruf yang didapat masing-masing kelompok ditebak, ternyata maksudnya adalah, FSC, ASC, MSC, dan RSPO. Keempatnya adalah ekolabel yang memiliki fokusnya masing-masing dan ekolabel ini termasuk salah satu program WWF tahun lalu yaitu Beli Yang Baik. Singkatnya ecolabel ini mengandung prinsip “Kita adalah apa yang kita beli, dan apa yang kita beli adalah apa yang kita dukung. Jadilah konsumen yang cerdas dan bijak dalam memilih suatu produk,”

Karena itulah, di Kumbang #2 ini selain pengakraban terdapat juga sharing ilmu tentang perubahan iklim dan Beli Yang Baik.

Dilanjutkan dengan pengumuman pemenang, kategori yel-yel yang diraih oleh kelompok Harimau dan kategori kelompok terbaik yang diraih oleh kelompok Badak.

Sebagai penutup, kita melakukan foto bersama dan pengambilan video #IniAksiku dan dilanjut dengan foto bersama per divisi.

Foto bersama Volunteer Earth Hour Kota Malang 2017

Foto setiap Divisi Earth Hour Kota Malang

Apa setelah ini?

Telah berakhirnya rangkaian penyambutan dan pengakraban semua Volunteer pada Aksi Kumpul Belajar Bareng “Kumbang” #1 maupun #2, semoga semua Volunteer lebih paham lagi tentang Earth Hour Malang dan mulai tumbuh sense of belonging dan rasa kekeluargaan agar kedepannya Earth Hour Malang tidak hanya sekedar komunitas berbasis lingkungan bagi anggotanya tapi juga sebagai keluarga yang menyebarkan kebaikan bagi lingkungan kita semua.

Setelah ini, akan ada aksi-aksi lagi seperti School Campaign, Cafe Night Campaign, dan masih banyak lagi. Sampai jumpa lagi di aksi-aksi berikutnya! Ini Aksiku. Mana Aksimu?



SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment