ROAD TO OPREC 2017



#RoadToOprec2017
Hai SobatEH! Tak terasa 2016 sudah memasuki bulan November di minggu terakhir. Bagi Earth Hour Malang antara bulan November dan Desember merupakan bulan dimana kita mencari SobatEH yang ingin bergabung menjadi volunteer Earth Hour Malang. Kilas balik dulu setahun kemarin, sudah banyak aksi yang Earth Hour Malang lakukan. Dari mulai aksi rutin kami hingga rangkaian aksi menuju Switch Off #NgalamPetengan2016. Setahun kemarin, dengan aksi-aksi yang kami lakukan diharapkan dapat memberikan dampak yang baik bagi lingkungan dan dapat memberikan inspirasi gaya hidup hijau untuk SobatEH. Sudah banyak yang bertanya “kapan ya Oprec Earth Hour Malang?” Open recruitment akan dibuka sebentar lagi, So, sambil menunggu open recruitment dari Earth Hour Malang, dibaca dulu yuk mengenai Earth Hour Malang itu sendiri. 




Koordinator Kota : Frido Wahyu
Sekretaris             : Salsabila Atika
Bendahara            : Ilma Hanifah

Apa tujuan dari Earth Hour?
Earth Hour bertujuan untuk mendorong individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan yang saling berhubungan untuk menjadi bagian dari perubahan untuk dunia yang berkelanjutan. Dimulai dengan langkah awal semudah mematikan lampu dan alat elektronik yang tidak terpakai sebagai komitmen hemat energi untuk Bumi, dan juga merupakan momentum menampilkan kepada dunia tentang perilaku hemat energi yang sudah dilakukan.

Apa arti logo Earth Hour?
Logo Earth Hour ’60+’ menunjukkan 60 menit mematikan lampu di Earth Hour sebagai awal aksi gaya hidup hemat energi. Tanda ‘+’ menunjukkan komitmen untuk bersama-sama mulai melakukan gaya hidup hemat energi, yang kegiatan ini tidak hanya dilakukan selama 60 menit saja, tapi juga diikuti dengan perubahan gaya hidup setiap hari.

Kenapa lampu dan alat elektronik?
Kita bisa dengan mudah menyalakan atau mematikan lampu dan alat elektronik dengan satu jari. Kampanye ini sengaja dibuat agar tiap individu dari berbagai usia dan status sosial ekonomi bisa berpartisipasi.

Bagaimana Earth Hour bisa masuk ke Indonesia dan berkembang?
Secara singkat Earth Hour dimulai sejak tahun 2007, WWF merupakan salah satu inisiator Earth Hour di Sydney yang kemudian pada tahun-tahun berikutnya turut serta dalam kampanye Earth Hour dengan menyebarkan kampanye ini di lebih dari 70 negara jaringan WWF di seluruh dunia. Earth Hour masuk di Indonesia pada tahun 2009 dan berkembang ke seluruh Indonesia. Earth Hour terdapat di lebih dari 7000 kota di 162 negara termasuk 33 kota yang terdapat di Indonesia.

Apa itu Earth Hour Malang?
Earth Hour Malang sendiri merupakan gerakan Earth Hour yang terdapat di Kota Malang. Salah satu komunitas gaya hidup hijau dan membahas isu-isu lingkungan yang terjadi di sekitar Kota Malang. Earth Hour Malang rutin melakukan kampanye ataupun aksi agar dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan Kota Malang. Kampanye Earth Hour Malang juga turut menjalin hubungan dengan pemerintahan, swasta, komunitas, dan juga masyarakat. Bersifat volunteer-ing atau per-volunteer-an (sukarelawan), menjadikan Earth Hour Malang sebagai bentuk rasa kekeluargaan dan kebersamaan dengan didukung rasa “memiliki” baik untuk Earth Hour Malang sendiri dan juga untuk sesama.
Sejarah singkat Earth Hour Malang digagas oleh Komunitas Fiksimini yang terdiri dari Ongga, Edieth dan Pandu serta Coachsurfing yang terdiri dari Agung, Risty dan Martha pada tahun 2012. Pembentukan divisi yang ada yaitu Koordinator Kota dipimpin Julius Agung Safrianto, Divisi Mass Media & Korporasi, Multimedia, Online Campaign, dan Fund Raising.
Dan pada Saat ini Earth Hour Malang terdiri dari divisi Creative Campaign, Online Campaign, Multimedia, Fund Raising, dan Public Relations. Setiap divisi memiliki tujuan dan fungsi dengan deskripsinya sebagai berikut:

·        PUBLIC  RELATIONS (PR)
Public Relation atau yang biasa disebut sebagai PR merupakan salah satu divisi di Earth Hour Malang (EHM) yang secara garis besar bertugas menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan pihak eksternal maupun pihak internal. Kerjasama yang dilakukan dengan pihak internal bermaksud untuk mengakrabkan kembali volunter lama dengan volunter baru agar terjalinnya kerjasama yang baik dalam Earth Hour Malang. Sedangkan kerjasama yang dilakukan dengan pihak eksternal meliputi komunitas, media, pihak pemerintahan, sponsorship, Duta dan beberapa pihak yang memungkinkan untuk bekerjasama.
Tujuan menjalin kerjasama dengan pihak luar antara lain agar Earth Hour Malang dapat dikenal oleh masyarakat secara luas. Seperti menjalin kerjasama dengan media yang diharapkan agar pihak media massa melakukan peliputan setiap aksi EHM, publikasi, dan Press Conference dalam persiapan Switch Off setiap tahunnya. Ataupun menjalin hubungan baik dengan komunitas-komunitas di Kota Malang yang diharapkan adanya KolaborAksi, membuat aksi hijau bersama.

Selain itu, PR juga menjalin kerjasama dengan pihak Duta dengan menghubungi pihak Guest Star atau Duta yang terpilih untuk acara swich off atau aksi EHM yang lain, serta menjadikan Duta sebagai LO di setiap aksi EHM. Dan tentunya, PR selalu menjalin kerjasama yang baik dengan pihak Pemerintahan Kota Malang untuk keberalangsungan aksi-aksi yang akan dilakukan di Kota Malang.

Koordinator Divisi : Emeraldo Latief
Wakoor Divisi         : Aldike

CREATIVE CAMPAIGN (CC)
Divisi selanjutnya yang ada di Earth Hour malang adalah Creative Campaign (CC), divisi ini menciptakan segala aksi di Earth Hour Malang. Karena Divisi ini mengatur dan mengkoordinir jalannya aksi. Melalui divisi ini, ide aksi dan kampanye tersalurkan. Sehingga Divisi ini dapat dikatakan sebagai otak yang membuat EHM terus hidup di tengah masyarakat Kota Malang. Aksi rutin yang dilakukan seperti School Campaign, Sambang Baby Tree, Kumpul Bareng Belajar, dan Gathering. Selain itu, terdapat aksi tahunan yaitu Switch Off. Sedangkan aksi kondisional seperti Cafe Night Campaign, City Park Campaign, dan aksi lainnyaDari semua aksi rutin yang dilakukan, hal ini ditujukan memberi pengaruh positif dalam menerapkan gaya hidup hijau secara langsung atau kampanye kepada seluruh masyarakat luas dari berbagai kalangan. Selain itu, aksi kondisional yang dilakukan merupakan bentuk kepedulian yang tinggi akan isu-isu lingkungan secara Global.

Koordinator Divisi : Muhammad Fikri Ramdhan
Wakoor Divis          : Rizky Ashyanita

MULTIMEDIA (MULMED)
Divisi ini bertanggung jawab dalam mempersiapkan segala bentuk media promosi untuk setiap kegiatan yang salah satunya dengan mendesain secara digital (komputer) ataupun manual (gambar tangan). Divisi ini juga bertugas mendokumentasi segala bentuk (gambar, video, dll) dari setiap aksi yang berlangsung, menyimpannya, serta persiapan untuk mempublikasikannya di media sosial dan website. Melalui divisi ini, aksi aksi yang terekam secara digital dapat disebar luaskan tidak hanya melalui media sosial EHM namun juga volunter.
Selain itu, divisi ini sering membuat video tentang persiapan aksi bahkan ketika aksi dilakukan, sehingga beberapa cuplikan dari video yang telah dihasilkan masuk ke dalam kompilasi dokumentasi Earth Hour Global.

Koordinator Divisi : Fu'ad Hasan
Wakoor Divisi         : Dimas Putra 

FUND RAISING (FR)
Divisi Fund Raising ini merupakan sumber dana utama di Earth Hour Malang. Divisi Fund Raising berperan penting dalam menunjang kebutuhan finansial di setiap aksi Earth Hour Malang dengan cara yang kreatif dan inovatif menggalang dana secara mandiri. Selain bertugas mencari dana mandiri, divisi ini juga melakukan penjualan barang secara kreatif. Di divisi ini tentunya akan membutuhkan ide-ide yang cemerlang dan kreatif dalam menggalang dana demi kelangsungan Earth Hour Malang. Tidak hanya menjual barang-barang seperti merchandise (kaos, goodiebag, dan tumbler), Fund Raising juga memanfaatkan barang-barang bekas, menjadi barang yang bernilai dan menghasilkan uang seperti menjual notebook dari bahan bekas, dan juga mengadakan garage sale yang dijual melalui instagram official Fund Raising.
Selain itu, divisi ini juga mengajak setiap volunter EHM mampu memillah sampah dengan baik dan bijak yang nantinya akan diserahkan kepada Divisi ini untuk dijual kepada Bank Sampah Malang. Tentunya, dengan cara yang hijau yang dilakukan divisi ini tidak hanya untuk menambah kebutuhan finansial saja, namun juga memberikan pengaruh kepada setiap volunter ataupun masyarakat secara luas agar lebih jeli dan bijak dalam memanfaatkan barang bekas.

Koordinator Divisi : Tiara Rahmania Yunisa
Wakoor Divisi         : Amanda Magdalena

ONLINE CAMPAIGN (OC)
Selain kampanye secara langsung, Earth Hour Malang ikut melakukan aksi online melalui beberapa media sosial. Online Campaign merupakan divisi wajib yang harus ada di Earth Hour Indonesia. Hal ini dikarenakan dengan mengkampanyekan aksi-aksi hijau lewat media sosial mampu mengurangi penggunaan kertas ataupun produk yang dihasilkan secara langsung, seperti poster ataupun brosur. Dengan memanfaatkan teknologi modern seperti media sosial, diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada masyarakat tidak hanya di Kota Malang saja, namun masyarakat secara luas dari berbagai kalangan.
Ada 5 media sosial aktif yang dimiliki oleh EHM dan dikelola oleh Divisi ini yaitu Twitter, Instagram, Line Official, Youtube dan Blog. Dari media sosial inilah, divisi ini bekerja semaksimal mungkin agar masyarakat mengetahui aksi-aksi apa saja yang dilakukan Earth Hour Malang dengan mudah di era yang makin modern ini. 


Koordinator Divisi : Nogie WIkarsa
Wakoor Divisi         : Fauzan Fakhrurrozi



Apa yang dimaksud “Ini Aksiku”?

“Ini Aksiku! Mana Aksimu?”, tema yang tujuannya adalah untuk meningkatkan partisipasi khalayak luas untuk melakukan aksi yang positif untuk lingkungan.“Ini Aksiku! Mana Aksimu?” difokuskan pada aksi ramah lingkungan seperti: hemat energi (menggunakan listrik seperlunya saat di rumah dan tempat kerja), transportasi publik (beralih atau lebih sering menggunakan transportasi publik untuk mengurangi beban kendaraan pribadi), mengurangi sampah plastik (membawa tas belanja pakai ulang, membawa botol minum sendiri) dan mengurangi pemakaian kertas dan kertas tissue (pertimbangkan sebelum mencetak, daur ulang kertas, membawa sapu tangan pengganti kertas tissue).


Apa saja Aksi yang dilakukan Earth Hour Malang?
Kampanye ataupun aksi Earth Hour Malang dibedakan menjadi aksi kondisional, aksi tahunan dan aksi rutin. Aksi kondisional meliputi, Cafe Night Campaign, City Park Campaign, dan masih banyak lagi aksi yang dilakukan. 



Sedangkan aksi tahunan adalah Switch Off yang juga dilakukan di seluruh belahan dunia. Dengan tema “Shine A Light On Climate Action”, EHM mengajak masyarakat Kota Malang untuk menunjukkan kontribusi dalam penghematan energi. Switch Off yang berlangsung selama satu jam, dari pukul 20.30 hingga 21.30 mengajak masyarakat untuk ikut mematikan energi listrik yang tidak terpakai selama satu jam dan juga mengharapkan agar masyarakat bisa menerapkan lebih dari 60 menit dan menjadikan hal tersebut sebagai aksi kecil yang berdampak besar untuk menyelamatkan bumi.

Selain itu, terdapat aksi rutin yang dilakukan oleh EHM, antara lain:
1.    School Campaign (SC)
   Aksi rutin yang dilakukan oleh EHM adalah School Campaign, dimana aksi ini melibatkan sekolah sebagai pihak sasaran. Dengan melibatkan sekolah yang merupakan Lembaga Pendidikan tentunya akan mampu memberikan pengaruh terhadap siswa-siswi untuk mengerti bagaimana penerapan gaya hidup hijau. School Campaign ini berkonsep pada pengenalan gaya hidup yang peduli lingkungan, seperti penghematan energi dan bijak sampah plastik. Selain itu, aksi tidak hanya menerapkan konsep dalam pemberian materi, namun juga mengajak siswa-siswi dalam proses pembuatan tanaman hidroponik atau tanaman yang hidup dengan media air, ataupun pembuatan tempat sampah dari bahan bekas. Dengan diadakannya aksi School Campaign tidak semata siswa-siswi mengerti tentang konsep saja, namun juga diharapkan mampu berAksi sedikit untuk penerapan gaya hidup hijau.

2.    Sambang Baby Tree (SANTRI)
   Dalam aksi SANTRI berkonsep pada penanaman bibit pohon dan juga mengunjungi pohon yang telah ditanam. Jadi, untuk menerapkan aksi yang hijau, EHM berkontribusi dalam penanaman pohon yang tentunya bermanfaat bagi kelangsungan hidup dan perbaikan polusi udara di Kota Malang. Dengan aksi ini, EHM turut serta mengundang dan mengajak beberapa pihak untuk peduli terhadap lingkungan atau melakukan KolaborAksi SANTRI bersama EH Kota Batu, Ojek Malang, dll. Baby tree sendiri merupakan salah satu aksi EHM pada 2015, yaitu menanam bibit pohon dari para adopter, untuk dirawat, sebagai upaya penghijauan.


3.    Kumpul Bareng Belajar (KUMBANG)
    “From Zero to Hero”, moto inilah yang pantas menggambarkan aksi KUMBANG. Dimana Volunter EHM berkunjung secara langsung seperti di TPSA untuk mengetahui bagaimana pemilahan sampah dengan baik. Dalam aksi ini, para Volunter EHM bersama pihak yang bersangkutan, seperti Dinas Keamanan dan Pertamanan, Pemulung, dll berdiskusi menghasilkan sesuatu dengan bijak. Selain itu, tempat yang dikunjungi EHM untuk melakukan KUMBANG adalah Kampung Glintung Go Green (3G). Di kampung 3G ini, EHM banyak belajar bagaiman menyatukan kultur budaya dalam pelestarian lingkungan. 


Nah begitulah sekilas penjelasan tentang Earth Hour dan Earth Hour Malang itu sendiri. Buat kalian yang ingin mengisi waktu dan inngin menerapkan aksi-aksi positif dengan cara berkontribusi dan peduli terhadap lingkungan, semoga informasi sederhana ini dapat menambah wawasan kamu yang akan mendaftar menjadi Volunteer Earth Hour Malang. Menjadi volunteer bukan hanya sekedar menjadi volunteer, melalui panggilan hati kamu berdedikasi untuk menjadi pahlawan bagi lingkungan di sekitar kamu. Sekian postingan kali ini. Ditunggu postingan blog kami selanjutnya J

Ps: jika ingin tahu opini Volunteer Earth Hour Malang terdahulu mengenai Earth Hour Malang, silahkan klik link ini https://www.instagram.com/explore/tags/nuwusehm/ terima kasih! 


SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment