Aksi School Campaign SMPN 15 Malang



Hai SobatEH! Tahu tidak? Sabtu kemarin, tanggal 30 April 2016, kami kembali mengadakan Aksi School Campaign di SMPN 15 Kota Malang. School Campaign yang berkonsep pada pengenalan gaya hidup yang peduli lingkungan ini diadakan pada pukul 08.00 WIB dengan pemberian materi tentang sampah serta #BeliYangBaik. Kami berada di setiap kelas 7 untuk memberitakan materi tentang bagaimana bahaya sampah terutama sampah plastik, sehingga berkaitan dengan tema #BeliYangBaik dan juga materi tentang ecolabel. Selain itu, keputusan kebijakan pemerintah tentang kantung plastik berbayar pun sudah diterapkan. Sehingga, dengan #BeliYangBaik, diharapkan adik-adik kelas 7 SMPN 15 Malang mampu memilah dan mengurangi penggunaan kantong plastik, karena dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengurai sampah plastik.

Gambar 1. Terlihat volunteer EHM sedang memberikan materi

Gambar 2. Siswa-siswi terlihat antusias dan senang dengan materi tersebut

 Selanjutnya, setelah pemberian materi, kami mengajak adik-adik untuk ikut serta berkreasi membuat tempat sampah dan totebag yang semua bahannya berasal dari bahan bekas. Role-play yang terbagi menjadi dua ini disambut adik-adik dengan antusias sekali. Pertama kami mengajak siswa laki-laki untuk membuat tempat sampah dari botol plastik bekas, dan kedua kami mengajak siswi perempuan untuk membuat totebag yang berasal dari kaus bekas. Dari role-play ini, kami mengajarkan kepada adik-adik untuk bisa menerapkan gaya hidup yang hijau dan memanfaatkan bahan bekas yang ramah lingkungan.
 
Gambar 3. Adu kreativitas dari para siswa SMPN 15 Malang

           Setelah itu, disesi terakhir School Campaign tersebut, kami mengajak adik-adik untuk bermain game Gobak Sodor dan pembagian hadiah. Dalam permainan ini yang menutup aksi School Campaign, kami mengajak perwakilan siswa-siswi SMPN 15 Kota Malang untuk berAksi melawan beberapa perwakilan dari Earth Hour Kota Malang. Lalu tepat pukul 11.00 WIB, School Campaign telah selesai dan kami berharap agar adik-adik bisa memaknai Aksi ini dengan bijak dan baik terutama dalam meminimalisir penggunaan sampah plastik. 
Gambar 4. Keseruan bermain "Gobak Sodor"

Gambar 5. Foto bersama antara Earth Hour Malang dengan siswa SMPN 15 Malang

--- INI AKSIKU! MANA AKSIMU? ---
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Semangat yaaa...

    Bagus informasinya. Jangan lupa mampir ke situsku juga di http://www.malangartchannel.com/ ya. Makasihhh :D

    ReplyDelete