Aksi "Kartini Untuk Bumi"


Earth Hour Malang mengadakan Aksi “Kartini untuk Bumi” pada tanggal 24 April 2016 untuk menyambut Hari Kartini (21 April) dan Hari Bumi (22 April). Aksi ini bertempat di RT. 01 Dusun Jetak Lor, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Aksi ini merupakan aksi yang bersifat Focus Group Discussion, dimana volunteer Earth Hour Malang memberi informasi dan berdiskusi dengan warga sekitar, terutama ibu-ibu. 

Gambar 1. Earth Hour Malang bersama Ibu-Ibu Dusun Jetak Lor
Rangkaian aksi “Kartini Untuk Bumi” ini dimulai pada pukul 08.30 WIB. Pada aksi kali ini, volunteer Earth Hour Malang memberikan materi tentang apa itu Earth Hour, #BeliYangBaik, tentang lampu LED, dan penukaran sampah atau bohlam bekas yang mereka bawa degnan lampu LED dari kami. Ibu-ibu dibagi menjadi beberapa kelompok dan setelah itu volunteer Earth Hour menghampiri kelompok tersebut. Ibu-ibu merasa sangat antusias dan memahami materi yang diberikan dari para volunteer. Hal ini terlihat ketika MC (Athifa Qurbani dan Rinto Wicaksono) mengadakan games tanya jawab mengenai 3 hal tersebut dan semua pertanyaan dijawab dengan benar oleh ibu-ibu Dusun Jetak Lor tersebut. Sekilas tentang #BeliYangBaik, program merupakan program WWF yang mengajak para konsumen untuk lebih bijak dalam membeli barang, yaitu membeli barang-barang yang ramah lingkungan. Hal ini dapat dilihat melalui kotak atau bungkus barangnya yang terdapat 4 ecolabel. Empat (4) ecolabel tersebut adalah RSPO (Roundtable Sustainable Palm Oil), MSC (Marine Stewardship Council), ASC (Aquaculture Stewardship Council), dan FSC (Forest Stewardship Council). Sedangkan untuk materi berikutnya yaitu tentang efisien lampu LED. Lampu LED merupakan lampu yang menggunakan prinsip ramah lingkungan dan hemat energi. Hal ini dapat dilihat melalui kotak bungkusnya. Satu lampu LED sama dengan lima belas (15) lampu biasa dan dapat bertahan hingga 14.000 jam. Karena begitu antusiasnya, salah satu dari ibu-ibu tersebut mengusulkan untuk mengadakan aksi berikutnya di dusun tersebut.
Gambar 2. Pertukaran sampah dengan lampu LED


Gambar 3. Terlihat EH Malang dan Ibu-ibu sedang berdiskusi

Gambar 4. Sebuah bentuk apresiasi dari EH Malang untuk ibu-ibu dusun tersebut
Seperti pada aksi-aksi sebelumnya, aksi "Kartini Untuk Bumi" diakhiri dengan doa, jargon Earth Hour Malang, dan berfoto bersama. Semangat yang luar biasa untuk bumi ini sudah mereka lakukan dan kita patut mengapresiasi mereka. Semoga kami juga masih bisa berAksi kembali bersama ibu-ibu yang luar biasa ini pada kesempatan berikutnya. 

Gambar 5. EH Malang berfoto bersama dengan Ibu-ibu Dusun Jetak Lor
 
--- INI AKSIKU! MANA AKSIMU? ---

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Artikel yang bagus dan mendidik. Salam kenal dari Wisnu Transport Tour And Travel, http://rentalsewamobilmalangbatu.com/, Simpati 082141 555 123

    ReplyDelete