SCHOOL CAMPAIGN DI SMA BRAWIJAYA SMART SCHOOL


Hai SobatEH! Pada hari Sabtu tanggal 5 Maret 2016, Earth Hour Malang mengadakan aksi school campaign di SMA Brawijaya Smart School, Malang. School Campaign yang berkonsep pada pengenalan gaya hidup peduli lingkungan ini diadakan pada pukul 08.00 wib dengan pemberitaan materi tentang “Shine A Light On Climate Action”. Kami mengkampanyekan gaya hidup hijau diantaranya hemat energi, bijak sampah, dan plastik. Selain itu, juga dipaparkan tentang permasalahan sampah plastik dan juga peraturan tentang plastik berbayar yang kini sudah diterapkan lagi termasuk di Kota Malang. Dalam penyampaian materi tentang sampah plastik, disampaikan oleh Saza Anindyo dan Syifa Herdini selaku Duta Earth Hour Malang yang mengajak adik-adik untuk melakukan gaya hidup hijau. Pemaparan materi yang disampaikan oleh Taufan dan Athifa juga tentang Aksi Switch Off yang serentak dilakukan di berbagai kota pada tanggal 19 Maret 2016.
Setelah selesai menyampaikan materi, kemudian seluruh siswa kelas X SMA Brawijaya Smart School mengikuti game yang telah dibuat oleh panitia. Game yang dimainkan adalah game bisik-bisik tetangga. Sebelum game berlangsung, para peserta terlebih dahulu membentuk kelompok. Ada lima kelompok dalam game kali ini. Seluruh siswa nampak gembira dan antusias saat mengikuti game kali ini. Di akhir game, kelompok yang kalah diberikan hukuman yaitu harus menampilkan yel-yel di depan seluruh siswa lainnya.
 Setelah game berlangsung, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan tanaman hidroponik. Tanaman hidroponik adalah tanaman yang menggunakan air sebagai media tanamnya. Kali ini, kami mengajarkan menanam hidroponik dengan sistem sumbu (wick). Seluruh siswa ikut serta membuat tanaman hidroponik ini. Mereka dibagi menjadi 10 kelompok, dan di tiap kelompok didampingi oleh satu volunteer Earth Hour Malang. Pembuatan tanaman hidroponik ini menggunakan botol air mineral bekas yang sebelumnya sudah di cat agar lebih menarik. Pertama, botol tersebut dipotong menjadi dua bagian dimana bagian atas botol nantinya menjadi tempat menanam tanaman, dan bagian bawahnya menjadi tempat air sebagai media tanamnya. Setelah itu, tutup botol yang ada dilubangi dan kemudian dimasukkan sumbu agar air dari bagian bawah botol dapat mengalir. Kemudian pisahkan bibit tanaman dengan tanah, lalu dimasukkan kedalam bagian atas dari botol tersebut dan diisi dengan sekam. Masing-masing kelompok membuat 3 tanaman hidroponik, dan kelompok yang paling bagus hasilnya mendapatkan hadiah yang menarik dari kami.

Setelah itu, masih ada kuis yang didakan oleh kami tentang materi-materi yang telah disampaikan saat pagi tadi. Beberapa adik-adik yang berani untuk maju dan menjawab pun mendapat hadiah dari kami. Menurut Saza Anindyo, Duta Earth Hour Malang 2016 mengatakan aksi yang dilakukan sangat mengedukasi. “Ga nyangka banget, ternyata mereka antusias buat bikin, bahkan waktu lomba bikin hidroponik, bikinan kelompok yang putra itu rapi banget” ujar Roro Kabupaten Malang 2012 ini. Selain Saza, Sifa Herdini yang juga Duta Earth Hour Malang 2016 mengaku senang bisa ikut dalam aksi School Campaign kali ini. Ia merasa dengan aksi tersebut merupakan pembuktian akan komitmennya untuk ikut berpartisipasi aktif dan positif dalam kampanye gaya hidup hijau. “Harapannya bisa kolaboraksi terus dengan teman-teman EH dan semoga acara EH selalu menginspirasi dan lancar kedepannya” ujar Sifa Herdini, Duta Earth Hour Malang 2016
Sebagai penutup, seluruh siswa SMA Brawijaya Smart School dan volunteer Earth Hour Malang berfoto bersama. Foto kali ini, kami membentuk formasi 60+ yang merupakan simbol Earth Hour. Walau dibawah terik matahari, semuanya terlihat gembira untuk berfoto bersama. Selepas foto, selesailah kegiatan school campaign Earth Hour Malang di SMA Brawijaya Smart School kali ini. 

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment