Aksi Kumbang bersama Kampung 3G (Glintung Go Green)


Earth Hour Malang melakukan kunjungan ke Kampung 3G (Glintung Go Green). Kampung 3G merupakan kampung perkotaan yang terletak di RW 23, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Kampung ini termasuk kampung pemerhati lingkungan hijau dalam setiap kehidupan warganya. Seperti pipa hidroponik dan vertical garden untuk media tanam di tiap lorong – lorong kampung, juga lubang biopori dan sumur resapan sebagai langkah pencegahan banjir. Kampung 3G juga menjadi satu – satunya kampung di Kota Malang yang berpartisipasi mengikuti Switch Off Earth Hour tahun lalu.

Earth Hour Malang mengawali kegiatan dengan persiapan bersama Bapak Bambang, selaku Ketua RW 23, kemudian dilanjutkan berkeliling Kampung 3G dengan dipandu Bapak Suharno selaku Ketua RT 4 dan Perangkat Desa. Ini merupakan kali ketiga berkunjung dan belajar di kampung ini. Banyak kemajuan yang dapat dilihat, seperti penataan vertical garden, pipa hidroponik dan lubang biopori yang khas Kampung 3G, serta sumur resapan yang semakin berkembang. Komoditas tanaman khas Kampung 3G yaitu bayam pun sebagian telah dipanen dan juga dilakukan penggantian bibit. Kampung 3G juga memiliki Bank Sampah yang telah memiliki pengolahan kreatifitas sendiri menjadi produk siap pakai.

Setelah itu dilanjutkan dengan recover tanaman vertical garden. Di mana kita mempelajari hal – hal dasar perawatan, seperti komposisi tanah yang pas demi nutrisi tanaman, perawatan akar supaya pertumbuhan tanaman subur, dan tata vertical garden yang terlihat menarik.

Selesai dengan recover tanaman vertical garden dilanjutkan pemberian materi lingkungan 3G di Balai RW secara detail mengenai sejarah, visi misi, kegiatan, serta langkah Kampung 3G kedepannya. SobatEH dapat membacanya di sini www.glintunggogreen.com. Aksi kali ini ditutup bersama dan dibarengi dengan foto di depan vertical garden yang telah di-recover. Tidak lupa jargon bersama baik jargon EH maupun jargon Kampung 3G.






SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar: