Kumbang + Kopdar Earth Hour Malang 2015

Earth Hour Malang mengadakan Kumbang (Kumpul dan Belajar Bareng) di Aula Majapahit Balai Kota Malang pada hari Sabtu (5/12) lalu dan berjalan dengan sukses. Kumbang ini merupakan kumbang pertama yang diadakan semenjak Onil Laseta Islamic menjabat sebagai Koordinator Kota Earth Hour Malang (Korkot EHM) dan diadakan karena menyambut para volunteer Earth Hour Malang yang baru.

Kumbang dimulai pukul 13.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.30 WIB. Seperti pada kumbang - kumbang periode sebelumnya, kumbang kali ini menyajikan rangkaian acara yang sedikit formal, yaitu dimulai dari perkenalan siapa Koordinator Kotanya, perkenalan tentang Earth Hour Malang, divisi-divisi yang ada di Earth Hour Malang, sampai dengan aksi - aksi yang sudah dilakukan. Setelah selesai perkenalan, para volunteer berkumpul pada divisi masing - masing. Pada akhir acara, volunteer baru dikejutkan oleh seseorang yang bernama Rizki "Mo" (Anggota Divisi Public Relations), karena Mo mengajak para volunteer untuk flashmob bersama. Mereka sangat bersemangat mengikuti tarian yang dilakukan oleh Mo tersebut, diiringi oleh lagu Bastille - Pompei. Dan tidak lupa setelah selesai acara, mereka berfoto bersama dan high five dengan para volunteer lama.





Beberapa hari setelah Kumbang, diadakanlah Kopdar (Kopi Darat) Earth Hour Malang (EHM). Kopdar EHM kali ini berlokasi di Lapangan Bela Negara (Rampal) pada Minggu (13/12) pagi. Kopdar ini dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pada 13.00 WIB. Kopdar ini sedikit berbeda dari kopdar - kopdar sebelumnya. Kopdar berfungsi sebagai merekatkan volunteer lama maupun baru. Kopdar kali ini sedikit unik, yaitu setiap volunteer tidak boleh membawa kendaran dalam keadaan sendiri. “Jadi setiap volunteer harus berboncengan atau menggunakan transportasi umum,” ujar Athifa Qurbani selaku Koordinasi Divisi Creative Campaign. Selain itu, membawa sampah daur ulang juga menjadi syarat untuk datang di gathering ini.

Rangkaian acara dari pagi hingga siang sangat seru dan menyenangkan. Dilihat dari ekspresi dan sikap volunteer dalam menghadapi setiap games yang diberikan oleh pihak penyelenggara. Setelah perkenalan satu per satu, volunteer baru dan lama membentuk 5 tim. Permainan selanjutnya adalah mencari harta karun dimana ada 5 petunjuk yang harus dipecahkan. Terakhir, akan ada 3 pemenang bagi tim yang paling cepat menemukan harta karun. Semua volunteer antusias melakukan games ini. Setelah berhasil melaksanakan permainan ini, para volunteer duduk melingkar dan berdiskusi tentang harta karun apa yang mereka dapat. Harta karun itu adalah potongan puzzle membentuk sebuah logo tentang Earth Hour dan label #BeliYangBaik.

“Kopdar 2 ini diadakan untuk mengakrabkan para volunteer sebelum switch off 2016. Dan nantinya kita akan terus rutin bertemu setelah switch off agar tidak terpecah dan tetap solid,” ungkap Onil Laseta Islamic selaku Koordinator Kota EHM.

Setelah diskusi, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama. Riska Mulia, salah satu volunteer baru mengungkapkan bahwa ia senang bergabung di EHM. “Saya kira ini komunitas yang kaku dan gak seru. Tapi kenyataannya EHM keren, acaranya bikin gak bosen dan saya lihat dari volunteer lama juga terbuka.”





SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment