Earth Hour Malang Sambut Hari Pohon

Hari Pohon sedunia diperingati tanggal 21 November pada setiap tahunnya. Hari Pohon sedunia ini merupakan momentum yang tepat untuk mengingatkan kembali pentingnya pohon bagi kehidupan manusia. Dalam kesempatan kali ini, Komunitas Earth Hour Malang (EHM) juga tidak melewatkannya begitu saja. Ada beberapa rangkaian aksi untuk menyambut Hari Pohon.


Earth Hour Malang tidak hanya melakukan ucapan melalui media sosial saja. Namun, EHM juga mempunyai aksi nyata, yaitu SANTRI (Sambang Baby Tree) dan One Day Escape with EHM. Earth Hour Malang melakukan aksi SANTRI (Sambang Baby Tree) pada Jumat (20/11/2015) sore. Para volunteer EHM berkumpul di Taman Mojolangu, Kota Malang, untuk melihat dan mengunjungi baby tree. Baby tree adalah salah satu aksi EHM pada 2015, yaitu menanam bibit pohon dari para adopter, untuk dirawat, sebagai upaya penghijauan.


Dalam aksi SANTRI ini, para volunteer EHM juga membuat sebuah plang dari triplek dan kayu bekas. Plang tersebut dihias dan digambar sesuai divisi masing-masing volunteer. “Plang ini sebagai penanda, setidaknya setiap divisi bertanggung jawab atas 10-15 pohon di sekitar plang yang sudah ditacapkan,” ujar Athifa Qurbani selaku Koordinator Divisi Creative Campaign.


Gambar 1. Volunteer EHM menghias plang
Gambar 2. Volunteer EHM divisi Public Relations memasang plang
Gambar 3. Earth Hour Malang foto bersama
Keesokan harinya, hari Sabtu (21/11/2015) pagi, yang mana bertepatan dengan Hari Pohon, volunteer EHM berkunjung ke Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan. Aksi ini dinamakan One Day Escape with EHM. Sambil mengenal alam, khususnya pepohonan, One Day Escape sendiri juga mempunyai beberapa agenda antara lain Prasmangan, yaitu makan bersama antar volunteer EHM. Selanjutnya ada EHM Award yaitu penghargaan volunteer “ter-“ versi sendiri dan Kumbang Beli Yang Baik.


Aksi Kumbang kali ini mengangkat tema Beli Yang Baik sebagai bahan diskusi, yaitu bagaimana menjadi konsumen yang bijak, barang seperti apa dan bagaimana yang harus dibeli, dan pengetahuan-pengetahuan lain mengenai sertifikasi yang diberikan oleh WWF kepada produsen-produsen yang telah memenuhi syarat Beli Yang Baik. Selain itu, diskusi ini juga membahas tentang COP21 (Conference of The Parties). COP21 sendiri merupakan Konferensi Perubahan Iklim dari PBB yang dihadiri oleh seluruh pemimpin negara anggotanya. COP21 bertujuan untuk menghasilkan “Legally Binding” dan kesepakatan universal terkait perubahan iklim oleh semua negara di dunia. Setelah diskusi selesai, aksi ini dilanjutkan dengan bermain games bersama dalam kelompok besar dan berfoto di area Kebun Raya Purwodadi. Tujuan dari aksi ini adalah selain untuk menyambut Hari Pohon, juga untuk mengakrabkan para volunteer dan menambah pengetahuan.


Gambar 4. Games "Jadi Apa" menggunakan sarung

Gambar 5. Pemenang EHM Award "Ter-"



INI AKSIKU! MANA AKSIMU?

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. emangnya penanamanpohon ini sudah dilaukan sejak kapan kak?

    ReplyDelete