Prinsip-Prinsip Etika Lingkungan

Halo SobatEH, sekarang kita bahas Prinsip-Prinsip Etika Lingkungan yuk. Apa itu Prinsip-Prinsip Etika Lingkungan? Pasti masih asing dan baru pada tau ya kalau lingkungan juga punya etika, bukan cuma dalam berperilaku dalam lingkungan sosial aja yang punya etika. Nah, sebelumnya coba deh kalian perhatiin apa aja sih prinsip-prinsip etika lingkungan itu sendiri.

Prinsip-prinsip Etika Lingkungan :
1.      Sikap Hormat terhadap Alam
Hormat terhadap alam merupakan suatu prinsip dasar bagi manusia sebagai bagian dari alam semesta seluruhnya
2.      Prinsip Tanggung Jawab
Tanggung jawab ini bukan saja bersifat individu melainkan juga kolektif yang menuntut manusia untuk mengambil prakarsa, usaha, kebijakan dan tindakan bersama secara nyata untuk menjaga alam semesta dengan isinya.
3.      Prinsip Solidaritas
Yaitu prinsip yang membangkitkan rasa solider, perasaan sepenanggungan dengan alam dan dengan makluk hidup lainnya sehigga mendorong manusia untuk menyelamatkan lingkungan.
4.      Prinsip Kasih Sayang dan Kepedulian
Prinsip satu arah , menuju yang lain tanpa mengaharapkan balasan, tidak didasarkan kepada kepentingan pribadi tapi semata-mata untuk alam.
5.      Prinsip “No Harm”
Yaitu Tidak Merugikan atau merusak, karena manusia mempunyai kewajiban moral dan tanggung jawab terhadap alam, paling tidak manusia tidak akan mau merugikan alam secara tidak perlu
6.      Prinsip Hidup Sederhana dan Selaras dengan Alam
Ini berarti , pola konsumsi dan produksi manusia modern harus dibatasi. Prinsip ini muncul didasari karena selama ini alam hanya sebagai obyek eksploitasi dan pemuas kepentingan hidup manusia.
7.      Prinsip Keadilan
Prinsip ini berbicara terhadap akses yang sama bagi semua kelompok dan anggota masyarakat dalam ikut menentukan kebijakan pengelolaan sumber daya alam dan pelestarian alam, dan dalam ikut menikmati manfaat sumber daya alam secara lestari. 
8.      Prinsip Demokrasi
Prinsip ini didsari terhadap berbagai jenis perbedaan keanekaragaman sehingga prinsip ini terutama berkaitan dengan pengambilan kebijakan didalam menentukan baik-buruknya, rusak-tidaknya, suatu sumber daya alam.
9.      Prinsip Integritas Moral
Prinsip ini menuntut pejabat publik agar mempunyai sikap dan prilaku moral yang terhormat serta memegang teguh untuk mengamankan kepentingan publik yang terkait dengan sumber daya alam.

Prinsip-prinsip dari etika lingkungan itu sendiri memiliki fungsi sebagai pegangan dan tuntunan bagi perilaku kita dalam berhadapan dengan alam. Beberapa dari Aksi dari Earth Hour Malang sudah mulai melakukan hal-hal dalam prinsip etika lingkungan tersebut dalam mewujudkan cinta mereka terhadap bumi. Apa aja sih yang Earth Hour Malang udah lakuin sebagai aplikasi dari prinsip etika lingkungan dalam bentuk beberapa kegiatan dan kampanye ?
1.   Earth Hour Malang terbentuk berdasarkan keinginan pribadi untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan mengingatkan kembali semua masyarakat untuk kembali menghargai dan mencintai bumi.
2.     Earth Hour Malang seringkali menyelenggarakan acara dalam Car Free Day loh dan beberapa minggu yang lalu Earth Hour Malang menyajikan sebuah permainan yang menghadiahkan tanaman untuk para pemenangnya, sebagai wujud dari tanggung jawab untuk melestarikan tumbuhan sekaligus menumbuhkan kembali rasa cinta kita terhadap lingkungan dimulai dari hal kecil seperti menanam tumbuhan dan merawatnya.
3.      Tau ga sih kenapa komunitas Earth Hour itu ada? Bahkan disetiap kota? Itu semua karena kita cinta pada bumi dan segala isinya, dan kita mulai melihat beberapa hal yang bila tidak disadarkan seperti menggunakan kendaraaan bermotor akan merusak lingkungan dan akhirnya bumi kita ini. Sehingga akhirnya dalam wadah Earth Hour ini, kita bisa sama-sama menanggulangi dan memberikan perubahan dimulai dari hal-hal kecil.
4.    Seperti kasih ibu yang hanya memberi tak harap kembali, begitu juga Earth Hour Malang. Kita melakukan beberapa aksi dan kampanye kepada masyarakat sebagai wujud cinta terhadap lingkungan secara langsung menjaga dan menyayanginya. Seperti membawa tempat minum. Apa hubungannya ya bawa tempat minum dengan cinta bumi? Nah dengan kita membawa botol minum sendiri maka kita juga mengurangi penggunaan botol plastic kemasan yang banyak dijejerkan.
5.   Tuhan udah kasih kita bumi yang sungguh luar biasa dan Tuhan cuma-cuma banget kasih ke kita. Tapi, kita sebagai manusia tetep punya tugas buat jaga loh. Sadarkah kita dengan terlalu sering menggunakan kantong plastik dan juga membeli minuman kemasan yang kemudian menyisakan sampah dapat merusak lingkungan? Dengan berbagai cara, Earth Hour selalu mengkampanyekan untuk lebih baik menggunakan tumbler dan mengurangi penggunaan kantong plastik.
6.    Bahan Bakar Minyak memang benar tersedia seberapapun kamu butuhnya. Tapi bukan berati kita bisa gunakan seenaknya dan sampai akhirnya tidak memperdulikan akibatnya terhadap lingkungan. Earth Hour Malang terus mengingatkan untuk mengurangi penggunaan BBM dalam 1 hari. Bukan berarti khusus 1 hari aja nih, tapi sekiranya untuk memulai suatu kebiasaan baru harus sedikit demi sedikit untuk kebaikannya.
7.   Earth Hour Malang juga mengadakan Garage Sale lho, untuk apa hasilnya? Hasilnya akan digunakan kembali untuk acara dan kegiatan dari EH sendiri, pastinya untuk lingkungan kita .


Itu dia beberapa hal yang sudah dilakukan oleh EH Malang sebagai wujud dari etika lingkungan itu sendiri. EH Malang gam au bergerak sendirian, walau perubahan dimulai dari hal kecil apabila semua turut pasti menghasilkan sesuatu yang lebih baik dan besar lagi. Jadi, mari sama-sama kembali menjaga dan melestarikan lingkungan dengan segala kekayaannya yang ada.



INI AKSIKU! MANA AKSIMU? 
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Powered by MalangPromo.com

    Tiket Promo
    Harga Promo
    Tiket Pesawat
    Promo Giant
    Promo Tupperware
    Tupperware Promo
    Tiket Promo Pesawat
    Promo Minggu Ini

    Menerima jasa submit backlink ke 100 Blog dalam satu hari
    Hubungi kami via email : cs@malangpromo.com

    Sedia software autocomment for blog Wordpress/Blogspot/Thumblr Info lebih lengkap kunjungi MalangPromo.com

    ReplyDelete