Wajah Kota Malang yang Dulu Garang Menjadi Cantik

Winston Churchill, pernah berkata, “Perbaikan butuh perubahan, bahkan diperlukan perubahan yang sering untuk mencapai kesempurnaan”. Sesosok bayi berkembang menjadi anak remaja puber kemudian menjadi seorang yang dewasa mengalami perubahannya dari waktu ke waktu. Begitu pula dengan sebuah Kota. Dari waktu ke waktu sebuah Kota pasti akan mengalami suatu perubahan karena perkembangan peradaban manusia.

Kota Malang juga mengalami hal yang sama. Dimulai dari penajajahan oleh Belanda, Martines Hoffman, seorang opperkoopman atau pembeli senior VOC mengganmbarkan Malang sebagai desa cantik yang penuh dengan tumbuh – tumbuhan subur karena letaknya di sekitar daerah pegunungan. Di tangan Belanda, Malng diubah menjadi kota peristirahatan yang cantik dan asri.

Malang dapat diibaratkan seperti kota Bandung bagi warga kota Jakarta. Udara yang sejuk dan pepohonan yang rimbun membuat Malang sangat nyaman untuk melepas penat di akhir pekan. Lain dulu lain sekarang, Kota Malang saat ini tidak sesejuk dan senyaman yang dahulu. Banyak lahan – lahan terbuka hijau yang dialih fungsikan menjadi tempat tempat bisnis dan kendaran bermotor yang semakin banyak menghiasi jalanan Kota Malang.

Namun saat ini dengan banyaknya program dari pemerintah kota mengenai lingkungan, membuat Kota Malang saat ini menjadi lebih indah dan lebih hijau. Di tahun 2014 kemarin Kota Malang sempat memperoleh penghargaan lingkungan Adiwiyata Nasional. Untuk memperoleh penghargan Adiwiyata kemarin, pemerintah mengadakan perlombaan Clean and Green pada tingkat RT, RW dan Kecamatan secara bertahap dan mengadakan Green School Mapping yang bekerja sama dengan Jawa Pos dan diikuti lebih dari 200 sekolah dari tingkat SD sampai dengan SMA.

Selain itu, saat ini Pemerintah Kota juga merombak seluruh taman – taman di Kota Malang menjadi lebih nyaman untuk warga meluangkan waktu dan bersosialisasi di tempat umum terbuka. Seperti taman Merjosari, taman Merbabu, dan Alun – alun kota (saat ini sedang direnovasi) menjadi ramai dikunjungi setiap saat karena menjadi lebih menarik dan lebih nyaman. (tac)
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment