Alasan Kenapa Kamu Harus Bawa Tumbler!

Ada gula ada semut...
Mungkin karena perkembangan zaman, peribahasa tersebut sudah mulai bergeser.
Ada manusia ada sampah....
Hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa setiap hari manusia pasti menghasilkan sampah. Mulai dari kita bangun tidur, membuka mata dan beranjak ke kamar mandi, kita pasti menghasilkan sampah, mulai dari bungkus sabun, sampho, pasta gigi dan lain-lain. Kemudian, sarapan pagi, kita menghasilkan sisa makanan yang harus menjadi sampah (lagi), dan bungkusnya pasti juga menjadi sampah (lagi). Ketika di sekolah atau di kampus kita ingin beli jajan atau snack yang pastinya dibungkus dengan kertas makanan atau plastik (kebanyakan), setelah selesai makan pasti bungkusnya menjadi sampah (lagi). Ketika kita pengin minum segelas air putih pun harus menghasilkan sampah (lagi). Begitu seterusnya dengan kegiatan lain yang menggunakan wadah, jika wadah tersebut tidak digunakan lagi, pasti akan menjadi sampah (lagi) dan kebanyakan sampah yang dihasilkan oleh kegiatan tersebut berasal dari plastik.
Saat ini rata-rata orang Indonesia menghasilkan sampah 0,5 kg per hari, dan 13% di antaranya adalah plastik. Produksi sampah plastik di Indonesia menduduki peringkat kedua penghasil sampah domestik yaitu sebesar 5,4 juta ton per tahun (Indonesia Solid Waste Association, 2014). Dengan fakta tersebut, apakah ktia akan diam saja? Tentu tidak. Lalu bagaimana? Apa yang harus kita lakukan? Apakah kita harus tidak memakai plastik setiap hari? Tentu tidak. Bagaimanapun plastik tetap kita butuhkan. Lantas, bagaimana?

Mulailah dari hal yang paling kecil, yaitu membawa tumbler! Jika setiap hari diasumsikan setiap anak membeli minuman air mineral dan dapat nyampah 1 botol plastik per hari, sehingga jika 1 bulan harus nyampah 30 botol per bulan. Itupun sudah dihitung berdasarkan per anak. Jika dianggap 1 jurusan per kelas terdiri dari 40 anak, maka sebulan saja mahasiswa atau pelajar di kelas tersebut menghasilkan sampah 1200 botol plastik per bulan! Tentu ini bukan angka yang sedikit bukan? Nah, maka dari itu, ayo lakukan perubahan mulai dari hal kecil, yaitu bawalah tumblermu! Selain ramah lingkungan, membawa tumbler juga mendukung gaya hidup kita untuk lebih berhemat! (Reza)


INI AKSIKU! MANA AKSIMU?





SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Powered by MalangPromo.com

    Tiket Promo
    Harga Promo
    Tiket Pesawat
    Promo Giant
    Promo Tupperware
    Tupperware Promo
    Tiket Promo Pesawat
    Promo Minggu Ini

    Menerima jasa submit backlink ke 100 Blog dalam satu hari
    Hubungi kami via email : cs@malangpromo.com

    Sedia software autocomment for blog Wordpress/Blogspot/Thumblr Info lebih lengkap kunjungi MalangPromo.com

    ReplyDelete