Road To Open Recruitment Earth Hour Malang

         
         Earth Hour adalah salah satu kampanye gobal dari WWF (Worlf Wildlife Fund) , yakni organisasi konservasi terbesar di dunia yang mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan di seluruh dunia untuk menyatakan kepeduliannya terhadap perubahan iklim dengan cara mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak terpakai selama satu jam (60 menit : 20.30-21.30) waktu setempat pada setiap hari Sabtu di Minggu ketiga bulan Maret setiap tahunnya. Jadi, bisa dibayangkan jika satu kota mematikan listrik selama satu jam saja dapat menghemat energi yang bisa digunakan untuk konsumsi listrik selama setahun.

           Earth Hour masuk ke dalam Indonesia pada tahun 2009. Nah, untuk Earth Hour Malang sendiri digagas oleh Komunitas Fiksimini (Ongga, Edieth dan Pandu) dan Coachsurfing (Agung, Risty dan Martha) pada tahun 2012. Dengan pembentukan Divisi awal yakni, Koor Kota dipimpin Julius Agung Safrianto, Divisi Mass Media & Korporasi, Multimedia, Online Campaign, dan Fundraising. Tahun 2013,dengan Koor Kota Arfian Eka Wijaya bersama Divisi Pemerintahan, Mass Media, Multimedia, Online campaign, Fundraising, dan Acara. Selanjutnya 2014 Koor Kota oleh Pandu Pramudya bersama divisi Mass Media, Fundraising, Online Campaign, Multimedia, dan Pemerintahan. Masing-masing divisi memiliki rencana kegiatan dan agenda kerja yang nantinya akan dikerjakan bersama.

             Namun setelah tanggal 29 Maret yang merupakan pucak selebrasi Earth Hour, ada sedikit perubahan susunan divisi karena mempertimbangkan situasi dan kondisi yang muncul. Divisi Pemerintahan kami merger keseluruh divisi dan menjadi tugas semua divisi dikarenakan setelah tanggal 29 Maret yang lalu, tugas dan fungsi divisi Pemerintahan menjadi kurang efektif. Dengan alasan lain, urusan dengan pemerintahan menjadi sangat penting untuk semua divisi yang berhubungan dengan pemerintahan. Selain itu, divisi Korporasi juga dimerger dengan Fundraising dikarenakan fungsi dan kinerja Fundraising masih berhubungan dekat dengan Korporasi.

Tugas Tiap Divisi
1.       Acara
              Divisi ini bertugas untuk menyatukan ide, mengonsep susunan acara yang telah diagendakan bersama selama satu periode tertentu. Divisi ini juga yang nantinya bertanggung jawab atas kelangsungan acara atau program kerja lain yang diagendakan tersebut.

2.       Mass Media
           Divisi ini bertugas untuk menjalin kerjasama yang baik dengan pihak media massa, yaitu perusahaan surat kabar, televisi, radio, maupun media lainnya. Divisi inilah yang bertanggung jawab jika ada salah satu program kerja Earth Hour Malang yang akan diliput oleh pihak media massa.

3.       Fundraising dan Korporasi
           Divisi ini bertugas untuk menggalang dana dan bekerja sama dengan pihak sponsor yang hasilnya akan dipergunakan untuk kelangsungan dan kesuksesan program kerja yang akan dilaksanakan.

4.       Online Campaign
           Divisi ini bertugas untuk mempublikasikan dan berkampanye segala sesuatu yang ada di dalam Earth Hour Malang ini sendiri, salah satunya adalah mengajak massa untuk berpartisipasi melakukan aksi kecil yang dapat memberikan perubahan besar untuk kebaikan planet bumi dan memulai gaya hidup ramah lingkungan. Kampanye dapat melalui media online seperti twitter, blog, facebook, Instagram dan media online lainnya.

5.       Multimedia
          Divisi ini berkaitan erat dengan desain, publikasi, dan dokumentasi. Divisi ini bertugas mendesain poster sesuai dengan agenda program kerja yang akan dilaksanakan,mempublikasikannya dan mendokumentasikan kegiatan dalam suatu acara yang sedang berlangsung.

             Ingin mengisi waktu dan punya kegiatan positif dengan cara berkontribusi dan peduli terhadap lingkungan? Bergabunglah bersama kami yang selalu berusaha berkomitmen tinggi untuk menjaga dan mencintai lingkungan, Earth Hour Malang, dengan cara buka link http://bit.do/oprecEHM dan isi form yang sudah tersedia.

INI AKSIKU! MANA AKSIMU?
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment