Notulensi #KopdarVolunteer


Notulensi #KopdarVolunteer 17 April 2014

 

1.     Apa sih Earth Hour itu?

EARTH HOUR adalah salah satu kampanye global WWF (World Wildlife Fund) organisasi konservasi terbesar di dunia, yang mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintahan di seluruh dunia untuk menyatakan kepeduliannya terhadap perubahan iklim dengan cara mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipakai selama 1 jam (20.30 – 21.30 waktu setempat), pada setiap hari Sabtu di minggu ke-3 bulan Maret setiap tahunnya.

2.     Bagaimana Earth Hour Malang bekerja?

Pada tahun 2013 kemarin, Earth Hour Malang mempunyai 6 divisi, yaitu: Acara, Multimedia, Mass Media, Fund Raising, Online Campaign, dan Pemerintahan dan korporasi yang masing-masing memiliki rencana kegiatan dan agenda kerja yang nantinya akan dikerjakan secara bersama. Akan tetapi, tahun 2014 setelah tanggal 29 Maret yang merupakan puncak selebrasi Earth Hour, kami sedikit mengubah susunan divisi yang ada karena mempertimbangkan situasi dan kondisi yang muncul. Divisi pemerintahan kami merger keseluruh divisi dan menjadi tugas semua divisi. Mengapa? Karena setelah tanggal 29 Maret 2014 yang lalu, tugas dan fungsi divisi pemerintahan berkurang dan menjadi jobless. Selain itu urusan dengan pemerintahan akan menjadi penting untuk semua divisi memiliki pengetahuan tentang cara berhubungan dengan pemerintahan sehingga, kami menggabungkan divisi pemerintahan ke dalam seluruh divisi yang ada. Sedangakan untuk korporasi dimerger dengan divisi fundraising. Hal itu juga dikarenakan fungsi dan kinerja divisi divisi fund raising masih berhubungan dekat dengan korporasi.

3.     Apa saja tugas-tugas tiap divisi?

·         Acara:

Divisi ini bertugas untuk menyatukan ide, mengkonsep susunan acara sesuai yang telah diagendakan bersama selama suatu periode tertentu. Divisi ini juga yang nantinya akan bertanggung jawab atas kelangsungan acara atau program kerja lain yang diagendakan tersebut.

·         Multimedia:

Divisi ini berkaitan erat dengan desain, publikasi, dan dokumentasi.  Tugasnya adalah mendesain poster sesuai dengan agenda program kerja yang akan dilaksanakan, mempublikasikannya, dan mendokumentasikan momen-momen kegiatan acara yang berlangsung.

·         Mass Media:

Divisi ini bertugas untuk menjalin kerjasama yang baik dengan pihak media massa, yaitu perusahaan surat kabar, televisi, radio, maupun media lainnya. Divisi inilah yang bertanggung jawab jika ada salah satu program kerja Earth Hour Malang yang akan diliput oleh pihak media massa.

·         Fund Raising dan Korporasi:

Divisi ini bertugas untuk menggalang dana dan bekerja sama dengan pihak sponsor yang hasilnya akan dipergunakan untuk kelangsungan dan kesuksesan program kerja yang akan dilaksanakan.

·         Online Campaign:

Divisi ini bertugas untuk mempublikasikan dan mengkampayekan segala sesuatu di dalam Earth Hour Malang ini sendiri, salah satunya adalah mengajak massa untuk berpartisipasi melakukan aksi kecil yang dapat memberikan perubahan besar untuk kebaikan planet bumi dan memulai gaya hidup ramah lingkungan. Kampanye dapat melalui media online seperti twitter, blog, facebook, instagram, dan media online lainnya.

4.     Contact person koordinator divisi

Acara                                       : Adinda Hiro (081333102291)

Multimedia                             : M. Nurullah (085731469195)

Mass Media                            : Dini Arining Tyas (085746782469)

Fund Raising dan Korporasi    : Hendita Khairina Putri (081335257007)

Online Campaign                    : Sukma Hanifani (082244091308)

 

 

5.     VOLUNTREES!

Apa sih VOLUNTREES itu? VOLUNTREES atau Volunteer for Trees adalah salah satu program kerja Earth Hour Malang dalam rangka menyambut Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April. Latar belakang kegiatan ini adalah mengingat telah banyak sekali pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang memaku poster atau iklan secara sembarangan di pohon. Hal tersebut sangat tidak baik untuk pertumbuhan pohon itu sendiri.

Rincian kegiatannya adalah cabut paku dan sterilisasi pohon-pohon yang ada di jalan-jalan utama di kota Malang. Earth Hour Malang mengundang dan mengajak komunitas dan himpunan yang ada di kota Malang, seperti Malang Berkebun, Malang Youth Greeneration, Das Brantas, Himpunan Mahasiswa Perlindungan Tanaman, dan masih banyak yang lainnnya. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Minggu 20 April 2014 pukul 06.00 WIB. Rute yang akan kami tempuh adalah Sumbersari – MT Haryono – Soekarno Hatta – Mayjen Panjaitan – TMP – Veteran. Tidak hanya komunitas dan himpunan saja, tetapi juga dibuka untuk khalayak umum yang ingin ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

 

ALUR BAGI TEMEN-TEMEN VOLUNTEER BARU EARTH HOUR MALANG YANG KEMAREN BERHALANGAN HADIR KOPDAR SEPERTI APA?

1.      Baca baik-baik penjelasan diatas, bila kurang paham/ kurang mengerti bisa bertanya kepada 081805113385 (Hendito)

2.      Pilih divisi yang menjadi ketertarikan kamu, lalu hubungi koordinator divisi yang kamu pilih. Pemilihan divisi ini tidak mutlak harus berada di divisi ini. Bila di tengah jalan ternyata passion kamu tidak disitu kamu bisa berpindah divisi dengan cara menghubungi pihak koordinator divisi kamu sebelumnya dan menghubungi koordinator divisi yang baru.

3.      Wajib dateng ke VOLUNTREES dengan ketentuan yg telah dituliskan.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment